loading…

Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Foto ilustrasi/ist

Mempelajari tajwid Surat Al Furqon ayat 2 bisa menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan keimanan seorang Muslim. Pasalnya membaca ayat suci Al – Quran sesuai dengan tajwid atau hukum bacaan adalah hal yang wajib dilakukan.

Dalam sebuah atsar, Sayyidina Ali bin Abi Thalib menyebutkan bahwa tartil adalah “tajwidul huruf, wa ma’rifatul wuquf (mengindahkan bacaan huruf, dan mengetahui tentang waqaf-nya)”.

Maka dari sini ilmu tajwid sebagai ilmu yang membahas cara pengucapan, sifat huruf Al-Qur’an, serta kaedah lainnya menjadi penting. Sehingga cukup penting bagi umat Islam untuk memahami hukum bacaan Al-Quran atau yang dikenal dengan ilmu tajwid.

Surat Al Furqan Ayat 2

اۨلَّذِىۡ لَهٗ مُلۡكُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَلَمۡ يَتَّخِذۡ وَلَدًا وَّلَمۡ يَكُنۡ لَّهٗ شَرِيۡكٌ فِى الۡمُلۡكِ وَخَلَقَ كُلَّ شَىۡءٍ فَقَدَّرَهٗ تَقۡدِيۡرًا

Latin: Allazii lahuu mulkus samaawaati wal ardi wa lam yattakhiz waladanw wa lam yakul lahuu shariikun filmulki wa khalaqa kulla shai’in faqaddarahuu taqdiiraa

Artinya: Yang memiliki kerajaan langit dan bumi, tidak mempunyai anak, tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(-Nya), dan Dia menciptakan segala sesuatu, lalu menetapkan ukuran-ukurannya dengan tepat.

Hukum Tajwid Surat Al Furqan Ayat 2

1.

الَّذِيْ لَهٗ

: Terdapat 3 hukum tajwid. Pertama, Alif Lam Syamsiah karena terdapat huruf lam bertemu lam dan cara membacanya masuk atau lebur ke lam. Kedua, mad thabi;i karena terdapat huruf dzal berharakat kasrah bertemu ya sukun dan cara membacanya dipanjangkan 2 harakat. Ketiga, mad shilah qashirah karena terdapat huruf ha dhamir (ganti) bertemu selain hamzah dalam hal ini mim dan cara membacanya dipanjangkan 2 harakat.

2.

مُلْكُ السَّمٰوٰتِ

: Terdapat 3 jenis hukum tajwid. Pertama, alif lam syamsiah karena terdapat huruf lam bertemu sin dan cara membacanya masuk atau lebur ke huruf Sin. Kedua, mad thabi’i karena terdapat huruf mim berharakat fathah tegal dan cara membacanya panjang 2 harakat. Ketiga, mad thabi;i karena terdapat huruf Wawu berharakat fathah tegak.

3.

وَالْاَرْضِ

:Terdapat 2 hukum tajwid. Pertama, alif lam qamariyah karena terdapat huruf lam bertemu hamzah atau alif dan cara membacanya jelas. Kedua, Ra tafkhim karena terdapat huruf Ra sukun didahului hamzah berharakat fathah dan cara membacanya dengan tebal.

4.

وَلَمْ يَتَّخِذْ

: Hukum tajwidnya idzhar syafawi karena huruf mim sukun bertemu ya berharakat fathah.

5.

وَلَدًا وَّلَمْ يَكُنْ لَّهٗ

: Terdapat 4 hukum tajwid. Pertama, idgham bighunnah karena terdapat huruf Dal berharakat fathatain bertemu wawu bertasydid, dan cara membacanya masuk atau lebur ke huruf wawu dengaan dengung dan ditahan. Kedua, idzhar syafawai karena ada huruf mim sukun bertemu ya. Ketiga, idgham bilaghunnah karena ada nun sukun bertemu lam tasydid, dan cara membacanya masuk atau lebur ke huruf Lam tanpa dengung. Keempat, mad shilah qashirah karena ada huruf Ha dhamir bertemu syin.

6.

شَرِيْكٌ فِى الْمُلْكِ

: Terdapat 3 hukum tajwid. Pertama, mad thabi’i karena huruf ra berharakat kasrah bertemu Ya sukun. Kedua, ikhfa karena ada huruf Kaf berharakat dhommatain bertemu Fa dan cara membacanya dengan samar dan dengung. Ketiga, alif lam qomariyah karena huruf lam bertemu mim.

7.

شَيْءٍ فَقَدَّرَهٗ

: Terdapat 3 hukum tajwid. Pertama, ikhfa karena hamzah berharakat kasratain bertemu Fa dan cara membacanya dengan samar dan dengung. Kedua, mad layyin karena ada huruf ya sukun didahului syin berharakat fathah dan cara membacanya panjang 2 harakat. Ketiga, mad shilah qashirah karena ada huruf Ha dhamir bertemu Ta.

8.

تَقْدِيْرًا

: Terdapat 2 hukum tajwid. Pertama, mad thabi’i karena terdapat huruf Dal berharakat kasrah bertemu Ya sukun. Kedua, Mad Iwadh karena terdapat huruf Ra berharakat fathatain diwaqaf, dan cara membacanya tanwin dihilangkan dengan panjang 2 harakat.

Demikian ulasan mengenai hukum tajwid Surat Al Furqan Ayat 2, lengkap dengan cara membacanya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan menambah keimanan.

Wallahu A’lam.

(wid)



Sumber Artikel KLIK DISINI