loading…

Bacaan doa awal tahun baru 2024 lengkap Arab, Latin dan artinya. Ilustrasi: Ist

Berikut ini bacaan doa awal tahun 2024 lengkap Arab , Latin, dan artinya. Bacaan doa ini dapat diamalkan umat Islam sebagai wujud rasa syukur. Dalam kaidah fiqih memang tidak ada doa khusus saat pergantian tahun baru .

Perayaan tahun baru Masehi memang bukanlah tradisi Islam. Namun, jika momentum itu diisi dengan berdoa untuk memohon kebaikan tentu hal yang baik. Di Indonesia sendiri terdapat dua kali peringatan tahun baru yaitu 1 Muharram (Tahun Baru Hijriyah) dan 1 Januari (Tahun Baru Masehi) yang keduanya merupakan hari libur nasional.

Selain berdoa, umat Islam dapat mengisi awal tahun baru dengan hal-hal positif seperti, memberi makan fakir miskin, menyantuni anak yatim, membersihkan lingkungan dan sebagainya.

Dalam menyambut tahun 2024, ada baiknya kita isi dengan memanjatkan doa berikut. Doa ini bersumber dari Kitab Al-Fathul Mubin wad-Durrut Tsamin karya Syaikh Abdullah bin Muhammad Al-Khayyath Al-Harusyi (1175 H). Berikut doa awal tahun yang bisa diamalkan:

Doa Awal Tahun

اَللهم أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْإِلَهُ الْقَدِيْمُ الْأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ الْعَمِيْمِ الْمُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ ، وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الْأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَالْأَعْمَالِ، وَالْاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ. أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَأَعُوذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَأَسْتَكْفِيكَ مُؤْنَتَهَا وَشُغْلَهَا فِي عَافِيَةٍ بِرَحمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيمَا

Artinya: “Ya Allah, Engkau Zat Yang Maha Abadi, Yang Menjadi Tuhan, Yang Maha Qadim, Yang Maha Awal.Sesuatu yang menjadi andalan manusia hanyalah anugerah-Mu yang agung dan kemurahanmu yang mulia. Ini tahun baru telah tiba. Di dalamnya Aku memohon penjagaan kepada-Mu dari setan dan kekasih-kekasihnya, memohon pertolongan atas nafsu amarah yang memerintahkan keburukan dan berbagai amal jelek, dan memohon tersibukkan diri dengan aktifitas yang dapat lebih mendekatkan diriku kepada-Mu dengan sedekat-dekatnya, wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha Mulia. Aku memohon kepadamu dari baiknya tahun ini, memohon perlindungan-Mu dari buruknya tahun ini. Aku memohon kecukupan dari biayanya dan kesibukannya dalam kesehatan dengan rahmat-Mu, wahai Zat Yang Maha Pengasih dari sekian kekasih. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan keselamatan yang sempurna kepada Sayyidina Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.”

Dalam kumpulan doa dan zikir bertajuk ‘Maslakul Akhyar’ karya Mufti dari Betawi abad 19-20 Habib Utsman bin Yahya juga disampaikan sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal wa ala fadhlikal adzimi wa karimi judikal mu`awwal. Wa hadza ammun jadidun qad aqbal. As’alukal ishmata fihi minas syaithani wa auliyaihi wal ‘aun ala hadzhin nafsil ammarati bis syu’. Wal istighala bi ma yuqarribuni ilaika zulfa, ya dzal jalali wal ikram.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

(mhy)



Sumber Artikel KLIK DISINI