loading…

Di antara kewajiban salat fardhu bagi seorang muslim, ada satu salat yang memiliki derajat keutamaan dan pahala tertinggi di sisi Allah SWT, salat tersebut adalah salat subuh tepat waktu. Foto ilustrasi/SINDOnews

Di antara kewajiban salat fardhu bagi seorang muslim, ada satu salat yang memiliki derajat keutamaan dan pahala tertinggi di sisi Allah Subhanahu wata’ala. Salat tersebut adalah salat Subuh tepat waktu.

Dalam Islam, salat adalah kewajiban yang paling mutlak bagi seorang muslim. seorang yang beragama Islam tidak boleh meninggalkan salat dalam keadaan apapun. Baik dalam kondisi sakit, apalagi meninggalkan secara sengaja. Dosanya sangat besar. Dan tiap-tiap salat sudah ditentukan waktunya dan cara menyempurnakannya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

فَاِ ذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَا ذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَا مًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِ ذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَ قِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَا نَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

“Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk, dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa’ : 103)

Ustad Muhammad Idris, Lc., pengisi kajian Manhaj Salaf dalam salah satu ceramahnya mengatakan di antara salat lima waktu yang semua berhukum wajib dan berpahala besar, ada satu salat yang memiliki derajat keutamaan di sisi Allah Ta’ala. Salat itu adalah salat Subuh tepat waktu dan dilakukan berjamaah di masjid bagi laki-laki, dan dikerjakan di rumah bagi perempuan

Menurut beliau, begitu banyak kabar gembira dan keutamaan yang AllahTa’aladan Nabi-Nya berikan dan khususkan bagi mereka yang menjaga salat Subuh pada waktunya, baik itu berjemaah bagi laki-laki ataupun di rumah masing-masing bagi perempuan.

Mereka yang senantiasa melaksanakan salat Subuh adalah orang-orang pilihan yang diberi petunjuk oleh AllahTa’alauntuk melakukan kebaikan. Mereka menjawab panggilan Allah ini dengan penuh pengharapan akan pahala dan keutamaan. Mereka itulah orang-orang yang cocok dan sesuai dengan kriteria mukmin yang AllahTa’alasebutkan di dalam firman-Nya,

Tidak ada orang yang menjadi pilihan Allah melainkan orang tersebut selalu menjaga salat Subuh tepat waktu berjamaah (bagi laki-laki) dan di rumah (bagi perempuan)

Di dalam sebuah hadis, Ibnu Mas’udradhiyallahu anhuberkata :

“Aku pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang amal apakah yang paling dicintai oleh Allah. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Salat pada waktunya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

Kepada mereka yang istiqamah melaksanakan salat Subuh, maka bergembiralah dengan pahala besar yang sedang menanti, serta kebaikan dan rezeki yang akan selalu mengikuti.

Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda :

“Salat yang paling utama di sisi Allah adalah salat Subuh hari Jumat secara berjemaah.”(HR. Abu Nuaim di dalamHilyatu Al-Auliya’ 7: 207 dpernah bersabda,

أَفْضَلُ الصَّلواتِ عندَ اللهِ صَلاةُ الصُّبحِ يومَ الجُمُعةِ في جَماعَةٍ

“Salat yang paling utama di sisi Allah adalah salat Subuh hari Jumat secara berjemaah.”(Shahih, HR. Abu Nuaim)

Salat Subuh tepat waktu itu menjadikan seseorang mulia dan terpilih dalam pandangan Allah. Karena sesungguhnya salat Subuh itu disaksikan oleh para malaikat. Maka Bergembiralah kita jika kita termasuk orang-orang yang menjaga salat Subuh berjamaah tepat pada waktunya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰ نَ الْـفَجْرِ ۗ اِنَّ قُرْاٰ نَ الْـفَجْرِ كَا نَ مَشْهُوْدًا

“Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula salat) subuh. Sungguh, salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ : 78)



Sumber Artikel KLIK DISINI