loading…

Tanda-tanda kiamat sugra menjadi informasi penting untuk diketahui umat Muslim. Bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai pengingat dan cara menambah keimanan terhadap hari akhir. Foto ilustrasi/ist

Tanda-tanda kiamat sugra menjadi informasi penting untuk diketahui umat Muslim. Bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai pengingat dan cara menambah keimanan terhadap hari akhir.

Bagi umat Islam, kiamat atau hari akhir termasuk dalam rukun iman yang ke-5. Waktu datangnya hari kehancuran alam semesta beserta seluruh isinya ini hanya diketahui oleh Allah SWT.

Secara umum, kiamat biasa dikenali menjadi dua jenis, yakni kiamat sugra dan kiamat kubro. Khusus pada pembahasan kali ini, akan diulas mengenai kiamat sugra dengan tanda-tandanya.

Kiamat sugra atau kiamat kecil adalah sebuah kondisi rusaknya sebagian lingkungan atau makhluk hidup yang mendiaminya. Misalnya seperti gempa bumi, tsunami, banjir bandang hingga kematian seorang manusia.

Lebih jauh, ada sejumlah kondisi atau kejadian yang biasa dikenali sebagai tanda-tanda kiamat sugra. Berikut di antaranya yang bisa disimak.

Tanda-tanda Kiamat Sugra

1. Zina Semakin Terang-terangan

Zina merupakan salah satu perbuatan yang dilarang Allah SWT. Karena jenisnya yang sangat banyak, umat Muslim wajib waspada dan berusaha sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Pada salah satu hadis, pernah dijelaskan bahwa salah satu tanda kiamat adalah perbuatan zina yang muncul secara terang-terangan.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ لَأُحَدِّثَنَّكُمْ حَدِيثًا لَا يُحَدِّثُكُمْ أَحَدٌ بَعْدِي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ أَنْ يَقِلَّ الْعِلْمُ وَيَظْهَرَ الْجَهْلُ وَيَظْهَرَ الزِّنَا وَتَكْثُرَ النِّسَاءُ وَيَقِلَّ الرِّجَالُ حَتَّى يَكُونَ لِخَمْسِينَ امْرَأَةً الْقَيِّمُ الْوَاحِدُ

Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu dan merebaknya kebodohan, perzinahan secara terang-terangan, jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki. (HR. Bukhari) No. 79. Shahih.

2. Berlomba-lomba dalam Kemewahan

Salah satu tanda akhir zaman adalah banyaknya orang yang berlomba-lomba dalam kemewahan. Nantinya, mereka akan sibuk memamerkan harta hingga bermegah-megahan dalam membangun masjid.

Pada salah satu hadis, kondisi di atas juga masuk dalam salah satu tanda kiamat.

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَتَبَاهَى النَّاسُ فِي الْمَسَاجِدِ

Dari Anas bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan tiba Hari Kiamat sampai manusia bermegah-megahan dalam membangun Masjid.” (HR. Abu Daud) [No. 449 Baitul Afkar Al-Dauliah] Shahih.

3. Menyebarnya Fitnah

Tanda berikutnya adalah menyebarnya fitnah. Sebagaimana diketahui, fitnah ini merupakan sebuah perbuatan keji yang ancaman dosanya pun besar.

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah, bagaikan bagian malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. Orang yang duduk di saat itu lebih baik daripada orang yang berdiri, orang yang berdiri di saat itu lebih baik daripada orang yang berjalan, dan orang yang berjalan saat itu lebih baik daripada orang yang berlari. Maka patahkanlah busur-busur kalian, dan pukulkanlah pedang-pedang kalian ke batu. Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim)

4. Praktik Riba Bebas

Sebagaimana zina, riba adalah sebuah praktik yang diharamkan oleh Allah SWT. Termasuk dosa besar, ancaman balasannya pun sangat mengerikan.

Namun, praktik riba dalam masyarakat justru kerap dianggap remeh. Mereka seakan tidak peduli hartanya didapat dari cara yang halal ataupun haram.

Pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda “Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh”

5. Umat Islam Kembali Meniru Generasi Sebelumnya

Tanda lain yang muncul adalah ketika umat Muslim kembali meniru generasi sebelumnya. Meski tidak langsung sepenuhnya, namun perubahan tersebut terjadi secara pasti.

[ِّarabOpen] عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَأْخُذَ أُمَّتِي بِأَخْذِ الْقُرُونِ قَبْلَهَا شِبْرًا بِشِبْرٍ وَذِرَاعًا بِذِرَاعٍ فَقِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَفَارِسَ وَالرُّومِ فَقَالَ وَمَنْ النَّاسُ إِلَّا أُولَئِكَ

Dari Abu Hurairah radliallahuanhu, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Hari kiamat tidak akan terjadi hingga umatku meniru generasi-generasi sebelumnya, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta.” Ditanyakan, “Wahai Rasulullah, seperti Persi dan Romawi?” Nabi menjawab: “Manusia mana lagi selain mereka itu?” (HR. Bukhari) No. 6774. Shahih.

Demikianlah ulasan mengenai tanda-tanda kiamat sugra yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.



Sumber Artikel KLIK DISINI