loading…

Doa sapujagat merupakan doa yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist

Doa sapu jagat merupakan doa yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Doa ini dianjurkan pula agar kaum muslimin mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, karena besarnya fadhillah dari doa tersebut.

Dalam Islam, berdoa adalah momentum seorang hamba bisa berkomunikasi langsung dengan sang Pencipta, Allah ‘Azza wa Jalla. Doa ditujukan untuk memohon dan meminta segala sesuatu yang baik. Mulai dari rezeki, kesehatan, sampai keselamatan di dunia dan akhirat.

Berdoa juga salah satu cara untuk meraih kebahagiaan karena ia termasuk intisari ibadah. Tak hanya bagian dari ibadah, berdoa merupakan wujud rasa syukur atas limpahan nikmat Allah. Jika ada yang menganggap aktivitas berdoa adalah sesuatu yang sia-sia maka ia termasuk orang yang berputus asa dari rahmat Allah.

Mungkin di antara kaum muslimin ada yang menyebut “Sudahlah, Allah Maha Tahu apa keinginan hamba-Nya”. Sehingga ketika berdoa ia tergesa-gesa, tidak sabaran, atau bahkan meninggalkan doa.

Allah berfirman di dalam Qur’an Surah Al-Baqarah Ayat 201:

وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa, ‘Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (Al-Baqarah 2: 201)

Ayat di atas menunjukkan, betapa mulianya aktivitas berdoa hingga Allah memuji hamba-Nya yang berdoa memohon kebaikan di dunia dan akhirat. Allah berfirman di awal ayat: Dan di antara mereka ada orang yang berdoa. Dan ayat tersebut dilanjutkan dengan doa yang sudah tidak asing lagi bagi kita.

Doa ini sering disebut ‘ doa sapu jagat ‘. Sayangnya, ada saja yang menyepelekannya dengan berkata: “Ah, paling doa sapu jagat.”

Doa di atas mencakup semua kebaikan di dunia dan akhirat. Mulai dari kesehatan, rumah yang luas, istri yang cantik, suami rupawan, rezeki berlimpah, amal soleh, ilmu yang bermanfaat, kendaraan yang mudah, sebutan yang baik, pekerjaan yang nyaman serta lainnya termasuk di dalamnya.

Kemudian juga kebaikan tertinggi di akhirat yaitu balasan surga serta aman dari rasa takut di padang mahsyar serta diberi kemudahan dalam hisab. Doa itu juga mengandung permohonan agar Allah memalingkan kita dari semua keburukan.

Wallahu A’lam

(wid)



Sumber Artikel KLIK DISINI