[ad_1]

loading…

Perumpamaan orang-orang beriman (mukmin) itu ibarat satu tubuh. Foto/ist

Rasulullah ﷺ menekankan pentingnya menjaga persaudaraan sesama kaum mukmin (orang beriman). Ukhuwah ini bisa dipelihara manakala sesama muslim saling menyayangi dan mengasihi.

Berikut pesan Nabi tentang gambaran orang-orang beriman:

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى (رواه مسلم)

Dari An-Nu’man bin Bisyir dia berkata, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: “Perumpamaan orang-orang yang beriman (mukmin) dalam hal saling mencintai, mengasihi, dan menyayangi di antara mereka adalah ibarat satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut terjaga (tidak bisa tidur) dan panas (turut merasakan sakitnya).” (HR Muslim 4685)

Hadis ini mengandung makna pentingnya saling membantu, saling menolong dan menanggung beban dalam kehidupan bermasyarakat umat Islam. Karena itu, setiap muslim harus menjauhi hasad dan kedengkian karena akan membuka peluang permusuhan dan perpecahan.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:

نَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat Ayat 10)

Dalam satu Hadis Sahih diriwayatkan Imam Muslim, saudara muslim dilarang berbuat aniaya dan jangan membiarkannya melakukan aniaya. Orang yang membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah membantu kebutuhannya. Orang yang melonggarkan satu kesulitan dari seorang muslim, maka Allah melonggarkan satu kesulitan di antara kesulitan-kesuliannya pada hari Kiamat. Orang yang menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutupi kekurangannya pada hari Kiamat.

Empat Jenis Persaudaraan
Menurut Quraish Shihab, ada empat jenis persaudaraan, yaitu:
1. Ukhuwah Ubudiyah, yaitu saudara sesama makhluk Allah (QS Al-An’am Ayat 38).
2. Ukhuwah Insaniyah, yaitu seluruh umat manusia bersaudara (QS Al-Hujurat Ayat 13). Artinya Allah menciptakan manusia dari berbagai suku untuk saling mengenal, bukan untuk bermusuhan.
3. Ukhuwah Wathaniyah, yaitu persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan (QS Al-A’raf Ayat 65)
4. Ukhuwah fi din Al-Islam, yaitu persaudaraan sesama muslim dan orang beriman (QS Al-Hujurat Ayat 10).

(rhs)

[ad_2]

Sumber Artikel KLIK DISINI