loading…

Ustaz Mukhlis al Mughni. Foto istimewa

Ustaz Mukhlis Mukti Al Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Tadabbur An-Nur ayat 34, kesempurnaan Al-Qur’an menceritakan kisah orang-orang terdahulu . Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكُمْ اٰيٰتٍ مُّبَيِّنٰتٍ وَّمَثَلًا مِّنَ الَّذِيْنَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Dan sungguh, Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penjelasan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan sebagai pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS An Nur Ayat 34)

Pesan dan Hikmah

1. Ayat-ayat ini dan sejenisnya begitu jelas maksud dan manfaatnya, jika dipraktekan maka akan tercipta masyarakat yang suci dan bersih. Karena itu Imam Ali berkata, “dalam Al Qur`an ada hukum-hukum dan hikmah diantara kalian, informasi tentang orang-orang sebelum kalian, kabar untuk orang-orang setelah kalian, Al Qur`an menjadi pemutus perkara hukum, siapa yang meninggalkan Al Qur`an dan mencari petunjuk selainnya maka pasti akan tersesat.”

2. Pendapat Imam Ali terbukti di zaman sekarang. Konsep pemikiran dalam bidang apapun yang memusuhi Islam berakhir pada kerugian, sebut saja misalnya kapitalisme, sosialisme, bahkan komunisme. Karena Allah yang Maha Tahu dengan segala apa yang diciptakan-Nya, sementara akal dan pengalaman manusia amat terbatas dalam membuat aturan dan undang-undang. Ketika sebuah aturan dan undang-undang berbenturan dengan arahan Al Qur`an maka akan jadi blunder dalam kehidupan.

3. Ayat ini menjelaskan beberapa fungsi dan kandungan Al Qur`an, informasi tentang umat terdahulu dalam membangun peradaban dan menjadi pegangan serta pelajaran untuk umat setelahnya.

4. Lihat peradaban-peradaban yang dibangun umat terdahulu yang tidak selaras dengan nilai-nilai Al Qur`an akhirnya hanya menjadi puing-puing sejarah kelam. Seperti kaum Iram, Tsamud, pengikut Firaun dan lainnya. Berbeda dengan peradaban yang dibangun selaras dengan nilai-nial Qur`ani akan mengukir sejarahnya dengan tinta emas nan gemilang. Seperti peradaban di tiga generasi pertama kaum muslim.

5. Al Qur`an pastinya akan lebih terasa petunjuknya bagi orang-orang yang bertakwa. Dengan kata lain, yang paling merasakan manfaat Al Qur`an adalah orang yang bertakwa. Sumber energi ketakwaan itu adalah Al Qur`an. Orang bertakwa tidak akan jauh dari Al Qur’an, mentadaburinya, mempraktekkannya serta mendakwahkannya.

Wallahu A’lam

(wid)



Sumber Artikel KLIK DISINI