loading…

Ada beberapa doa pendek yang bisa diamalkan agar mudah menghafal Al-Quran. Foto ilustrasi/ist

Ada beberapa doa pendek yang bisa diamalkan agar mudah menghafal Al-Qur’an. Berikut 3 doa agar mudah menghafal Al Quran ini.

1. Doa Pertama

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَإِلْهَامَ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ

Allahumma inni as aluka fahman nabiyyin, wa hifdzol mursalin, wa ilhamal malaikatil muqorrobin

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu pemahaman para Nabi, ingatan para Rasul, dan ilham para malaikat yang mempunyai kedudukan istimewa.”

2. Doa Kedua

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي وَارْحَمْنِي أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِينِي وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ فِيمَا يُرْضِيكَ عَنِّي

Artinya: “Ya Allah, beri aku rahmat untuk meninggalkan maksiat selama Engkau masih menghidupkanku, dan berilah aku rahmat agar aku tidak memberatkan diri sendiri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagiku, berilah aku rezeki berupa kenikmatan memandang hal yang mendatangkan keridha’an-Mu kepadaku.”

Doa ini untuk meminta kepada Allah SWT agar dapat meninggalkan maksiat dan hal-hal tidak bermanfaat yang dapat mengganggu proses menghafal Al Quran.

3. Doa Ketiga

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Artinya: “Ya Allah, aku meminta kepada-Mu jiwa yang yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa-cukup dengan pemberian-Mu”. (Hadis Riwayat at-Thabrani)

Ketika seseorang mendapatkan ketenangan dalam proses menghafal Al-Qur’an , pikiran dan fokusnya akan tetap terarah pada tujuan yang ingin dicapai.

Wallahu a’lam

(wid)



Sumber Artikel KLIK DISINI