[ad_1]

loading…

Panduan lengkap puasa Ramadan ini dapat dijadikan pegangan bagi kaum muslim yang menjalankan ibadah puasa. Foto/dok shebabnews

Ramadan telah tiba, bulan yang Allah menjadikan puasa sebagai kewajiban dan Qiyam (sholat) pada malam harinya sebagai ibadah sunnah. Ramadan adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu pahalanya adalah surga.

Berikut ini panduan lengkap puasa Ramadan, keutamaan, amalan dan doa berbuka. Kata puasa merupakan hasil terjemahan dari bahasa Arab yang diambil dari kata shaum (الصوم) atau shiyam (الصيام).

Ustaz Muhammad Saiyid Mahadhir menjelaskan, dalam bahasa Arab kata Shaum atau Shiyam diartikan dengan imsak (الإمساك) yang berarti menahan. Di dalam Al-Qur’an kata Shaum menunjukkan makna lebih umum ketimbang Shaum yang justru sering digunakan untuk menunjukkan makna yang lebih khusus, yaitu berpuasa dengan menahan makan dan minum.

Hukum Puasa Ramadan
Puasa di bulan Ramadan hukumnya fardhu (wajib) berdasarkan firman Allah berikut:

يٰٓـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيۡکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيۡنَ مِنۡ قَبۡلِکُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُوۡنَۙ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah ayat 183)

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

بُنِيَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحَجِّ البَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ) رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Artinya: “Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (Syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah Ta’ala dan Muhammad adalah utusan Allah, menegakkan sholat, menunaikan zakat, haji (ke Baitullah) dan puasa di bulan Ramadhan.” (HR Al Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Puasa Ramadan
1. Dosa-dosa yang lalu diampuni Allah
2. Bau mulut orang berpuasa disukai Allah
3. Sebagai benteng dan perisai dari setan
4. Mendapatkan Surga dari pintu Ar-Rayyan
5. Mendapat ganjaran langsung dari Allah
6. Doanya mustajab
7. Menjadi orang yang bertakwa
8. Puasa melembutkan hati dan menyehatkan badan.
9. Amalan sunnah diganjar pahala wajib.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Al-Bukhari 38 dan Muslim 860)

Riwayat lain disebutkan oleh baginda Rasulullah SAW, beliau bersabda:

الصِّيَامُ جُنَّةٌ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Artinya: “Puasa itu benteng, maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang puasa (ia mengulang ucapannya dua kali). Dan demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang puasa lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada harumnya minyak misik, karena dia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Puasa itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan membalasnya dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa.” (HR Al-Bukhari 1761)

Syarat Wajib Puasa
1. Islam
2. Baligh
3. Berakal
4. Sehat
5. Bermukim (tidak musafir)
6. Suci (dari Haid Dan Nifas).

Syarat Sah Puasa
1. Islam
2. Berakal dan Mumayyiz
3. Suci (dari Haid dan Nifas)
4. Nyata masuknya bulan Ramadhan (mengetahui masuknay bulan Ramadhan).

Rukun-rukun Puasa
1. Orang yang Puasa
2. Berniat untuk puasa
3. Menahan diri dari perkara yang membatalkan puasa.

Perkara yang Membatalkan Puasa
1. Makan dan Minum dengan sengaja
2. Memasukkan dengan sengaja benda ke dalam rongga yang terbuka. Seperti (lubang hidung, telinga, mulut dan lubang kemaluan)
3. Muntah dengan sengaja.
4. Keluar haid dan nifas
5. Gila
6. Murtad
7. Keluar mani dengan sengaja.
8. Bersetubuh di siang hari.

[ad_2]

Sumber Artikel KLIK DISINI