[ad_1]

loading…

Mengirim doa khususon disertai Al-Fatihah untuk arwah yang sudah meninggal termasuk hal yang dibolehkan dalam syariat. Foto/ist

Bacaan kirim doa khususon untuk arwah yang sudah meninggal dapat diamalkan umat muslim. Khususnya kepada orang tua atau keluarga yang sudah meninggal dunia.

Dalam satu Hadis yang shahih, Rasulullah ﷺ bersabda: “Ketika manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya, kecuali tiga macam, yaitu anak saleh yang berdoa untuknya, sedekah jariyah setelahnya, atau ilmu yang bermanfaat karenanya.” (HR Muslim)

Imam Ahmad bin Hambal dan segolongan ulama Syafi’iyyah mengatakan doa dan pahala membaca Al-Qur’an ataupun Surat Al-Fatihah sampai kepada mayit. Penting diketahui, setelah membaca Surat Al-Fatihah hendaknya disertai dengan doa berikut: “Ya Allah sampaikanlah pahala membaca Al-Qur’an atau bacaan Surat Al-Fatihah ini kepada Fulan atau Fulanah.”

Berikut Bacaan Doa Khususon untuk Arwah yang Meninggal

إلَى جَمِيْعِ أَهْلِ اْلقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ خُصُوْصًا أبَاءَنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادَنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخَنَا وَمَشَايِخَ مَشَا يِخِنَا وَخُصُوْصًا إِلٰى رُوحِ ……… اَلْفَاتِحَة

ilaa jamii’i Ahlil Qubuuri minal Muslimiiina wal Muslimaati wal Mu’miniian wal Mu’minaati, Khushuushon Abaa-anaa wa Ummahatinaa wa ajdaadanaa wa jaddaatinaa wa Masyaayikhinaa wa Masyaayikho masyaayikhinaa, wa Khushuushon ilaa ruuhi (sebutkan nama arwah) Al-Faaatihah.

Artinya: “Kepada semua ahli kubur dari kaum muslimin laki-laki dan perempuan, dan kepada kaum mukminin dan mukminat, khususnya bapak-bapak kami dan ibu kami, nenek kami yang laki-laki dan perempuan, para guru kami dan para guru besar mereka, kepada guru kami, para gurunya guru kami. Dan khususnya kepada arwah….. (sebutkan nama mayit).” Lalu baca Surat Al-Fatihah.”

Doa Khususon Redaksi Pendek
Berikut Doa Khususon dengan kalimat pendek yang ditujukan kepada orang yang mendinggal dunia. Doa ini bisa diamalkan untuk orang tua, istri/suami atau guru kita yang sudah wafat.

وَنَخَصُّ خَصُوْصًا إِلَى رُوحِ….. (فلان/فلانة) ….اَلْفَاتِحَة

Wa Nakhosshu khushuushon ilaa ruuhi…. (Fulan/Fulanah). Al-Faatihah.

Artinya: “Sampaikanlah pahala semua yang kami baca khususnya untuk arwah (sebutkan nama-nama almarhum/almarhumah yang dimaksud) Al-Faatihah.”

1. Untuk Ayah yang Sudah Meninggal Dunia

Khushuushon ilaa ruuhi Abi bin….. (nama ayah dan nama ayahnya). Allahumghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi wa’fu ‘anhu, Lahul-Faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ayahku bin….. (sebut nama ayah dan nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

2. Untuk Ibu yang Sudah Meninggal Dunia

Khushuushon ilaa ruuhi Ummii binti….. (nama ibu dan nama ayahnya). Allahumaghfir lahaa warhamhaa wa ‘aafihaa wa’fu ‘anhaa, Lahal-Faatihah.

Artinya: “Terkhusus untuk ruhnya ibuku binti….. (sebut nama ibu dan nama ayahnya). Ya Allah ampunilah dia, kasihilah dia, selamatkanlah dia, dan maafkanlah dia, untuknya Al-Fatihah.”

(rhs)

[ad_2]

Sumber Artikel KLIK DISINI