loading…

Doa agar bisa umrah bersama keluarga. Ilustrasi: Ist

Doa agar bisa umrah bersama keluarga biasa dibaca oleh kaum muslim sebagai ikhtiar agar dapat pergi ke Tanah Suci . Syaikh Ahmad Qusyairi menukilkan shighat shalawat dalam kitabnya “al-Wasiilatul Hariyyah Fi Al-Shalawati ‘ala khairil Bariyyah“. Disebutkan bahwa agar cepat dapat menunaikan ibadah haji maka umat Islam dianjurkan mengamalkan bacaan selawat ini. Beliau menyebut selawat ini dengan Selawat Hajjiyah.

Berikut bunyi selawat tersebut:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya sholawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya”.

Selain mengamalkan selawat tersebut, ada baiknya kita menambahkannya dengan doa dimudahkan pergi haji yang bunyinya sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ الرْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ اَلْمُعَظَّمْ وَرَسُوْلِكَ اَلْمُكَرَّمْ فِى هَذَا الْعَامْ وَفِى كُلِّ عَامْ بِاَحْسَنِالْحَالْ

Artinya : “Ya Allah, Berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rosul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya,”.

Selawat dan doa tersebut bisa diamalkan kapan saja, utamanya dibaca setelah menunaikan salat lima waktu. Semoga Allah Ta’ala berkenan mengijabah doa kita agar dapat segera menunaikan ibadah haji sebagai pelengkap rukun Islam.

Amalan lainnya seperti dalam Al Qur’an terdapat doa yang bisa membantu mereka agar terealisasi menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim

Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui

(mhy)



Sumber Artikel KLIK DISINI