[ad_1]

loading…

Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Foto/Ist

Niat puasa Arafah hendaknya dilafazkan mulai malam ini sebelum terbit Fajar. Namun, dibolehkan berniat di pagi harinya dengan catatan belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan dan minum.

Inilah kelonggaran bagi yang melaksanakan puasa sunnah. Beda dengan puasa Ramadhan yang mengharuskan seorang muslim berniat pada malam harinya sebelum terbit Fajar.

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah menurut hasil sidang isbat Pemerintah dilaksanakan besok Rabu, 28 Juni 2023. Berikut bacaan niat Puasa Arafah lengkap Arab dan bacaan latinnya.

Niat Puasa Arafah pada Malam Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adaa-i sunnati Arafata lillaahi ta’ala.

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Arafah besok hari karena Allah Ta’ala.”

Baca Juga: puasa ArafahRasulullah SAW :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

Para ulama menerangkan, maksud dosa yang diampuni tersebut adalah dosa-dosa kecil (ash-shaghair). Adapun dosa besar (al-kabair) hanya dapat digugurkan dengan Taubat Nashuha.

Sedangkan keutamaan Hari Arafah disebutkan dalam Hadis berikut:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ ؟

Artinya: “Tidak ada hari di mana Allah ‘Azza wa Jalla membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: Apa yang mereka inginkan?” (HR Muslim 1348)

Demikian bacaan niat Puasa Arafah dan keutamaannya. Semoga kita dimudahkan Allah menjalankan puasa.

(rhs)

[ad_2]

Sumber Artikel KLIK DISINI